RSS
 

Hati Hati dengan Google AdWords

08 Nov

Berikut ulasan dari Saya (Al Rasyid,ST) yang dimaksudkan agar setiap klien Google AdWords dapat berhati hati melangkahkan pemasaran onlinenya di Google AdWords, jika salah langkah dapat mengakibatkan kerugian.

Contoh Kasus

Berikut contoh sebuah kasus yang Saya dengar dari cerita klien baru. Klien bercerita mengenai teman temannya yang telah “bangkrut” karena uangnya habis untuk beriklan di Google AdWords.

Saya secara pribadi prihatin mendengarnya, kemudian Saya mencoba menganalisa beberapa faktor yang sekiranya mempengaruhi, kemudian menyimpulkan dalam bentuk hipotesis.

Hasil Analisa

Setelah menganalisa Saya mendapat beberapa hipotesis sebagai berikut :

  • Lemahnya konsep bisnis
  • Tanpa strategi
  • Boros anggaran

Google AdWords

Google AdWords

Lemahnya konsep bisnis

Konsep bisnis adalah dasar dari sebuah bisnis didirikan. Konsep terdiri dari kombinasi ide, produk/layanan dan tujuan dari dilakukannya sebuah bisnis. Konsep yang lemah akan menghasilkan output yang lemah.

Dalam membangun bisnis, konsep yang baik memang dapat disusun secara bertahap, namun mematangkan konsep terlebih dahulu sebelum dimarketingkan di “jalur cepat pemasaran” via Google AdWords adalah tindakan yang baik untuk pengiklan.

“Jalur cepat pemasaran” dapat diartikan memungkinkan cepat untuk mendapatkan klien dan juga memungkinkan cepat untuk menghabiskan uang (anggaran iklan).

Tanpa strategi

Menjalankan sebuah kegiatan dalam bisnis berupa pemasaran tanpa strategi adalah tindakan yang beresiko.

Untuk menjalankan kegiatan pemasaran online dengan Google AdWords, sebelumnya dapat dilakukan penyusunan strategi pemasaran online yang sekiranya mendukung pencapaian tujuan dari pemasaran.

Rencanakanlah setiap langkah pemasaran dengan berbagai pertimbangan dan perhitungan.

Boros anggaran

Menjalankan sebuah proses pemasaran memang memerlukan anggaran pengeluaran (uang). Banyak sedikitnya anggaran sesungguhnya dapat disesuaikan dengan parameter berupa perkembangan hasil pemasaran sementara, faktor kondisi pasar, faktor persaingan bisnis serupa, dan lain lain.

Menakar anggaran pemasaran yang “tepat” untuk beriklan di Google AdWords adalah tindakan yang baik untuk pengiklan. Tepat dalam artian tidak kurang dan juga tidak lebih.

Ibarat seorang pasien, jika meminum obat terlalu sedikit maka sakitnya tidak lekas sembuh, namun jika meminum obat terlalu banyak malah overdosis.

Semoga ulasan ini dapat bermanfaat. Berhati-hatilah dengan Google AdWords. Salam sukses untuk Anda semua.

Ulasan ini disusun oleh Al Rasyid, ST : http://gplus.to/alrasyid. Sebagai pelaksana kegiatan periklanan Google AdWords Agency Usaha Kelompok Maju : www.websiteukm.com. Dengan tujuan sebagai edukasi bisnis dengan Google AdWords.

 

“Jika akan mendaki gunung yang tidak pernah Anda ketahui lika liku jalannya.. Siapkanlah diri, siapkanlah perbekalan, dan bawalah peta petunjuk jalan.. Namun sebelumnya bertanyalah sebanyak mungkin kepada orang yang mengerti tujuan Anda”

 

 
No Comments

Posted in Uncategorized

 

Leave a Reply

 
*

 
 
Skip to toolbar