RSS
 

Google AdWords adalah masa depan Periklanan Indonesia

11 Apr

Berikut adalah ulasan saya (Al Rasyid, ST) secara garis besar mekanisme Google yang saya ketahui mengenai media periklanannya yakni “Google AdWords”.

Google Adwords adalah kunci bisnis

Google AdWords adalah masa depan Periklanan Indonesia, dan masa depan itu telah mulai dari di tahun ini. Jika kunci dari bisnis adalah beriklan, maka Google AdWords adalah sebuah kunci bisnis.

Saat saya menghadiri undangan sebuah Seminar Google, pembicara ( Dave Booth, http://www.cardinalpath.com/author/dbooth/ ) mengatakan bahwa “Search Engine Optimization (SEO) Profesional adalah Google AdWords”. Dan kalimat yang paling saya garis bawahi adalah “AdWords lebih baik daripada SEO”.

Seminar Google di Jakarta

Seminar Google di Jakarta

Dahulu saya adalah orang yang percaya bahwa SEO atau berada di halaman pertama mesin pencari Google adalah jaminan nomer satu untuk membangun keberhasilan bisnis via online. Namun paradigma ini ternyata berubah setelah saya mendatangi undangan Seminar Google. Beberapa hari kemudian saya mencoba mempelajari, mempraktekan, dan mendalami Google Adwords, dengan pengalaman sebagai pelaku bisnis via online, saya mencoba membandingkan antara “SEO” & “AdWords” dilihat dari sisi Hasil / Keuntungan, lalu Proses / Kinerja, kemudian Tenaga, Waktu dan Biaya. Dan hasil yang saya rasakan sendiri ternyata terasa.

Dalam proses perdagangan, SEO akan “membuang waktu cukup lama dan sangat bekerja keras untuk membuat website baru menghasilkan uang, kecuali website / blog tersebut sudah cukup lama terindex Google”. Sebuah kasus : jika seorang pemilik website membangun website tahun 2012, kemudian saingannya di bisnis yang bidang / produknya sama membangun bisnis dengan pemasaran via online di tahun 2008, maka dalam ketertinggalan selama 4 tahun tidak dapat disepelekan begitu saja. Jika di bisnis offline, tertinggal 3 bulan saja dapat kehilangan banyak calon klien atau konsumen, apalagi tertinggal 4 tahun?

Konsep periklanan Google AdWords sebenarnya hampir sama dengan periklanan di media lokal seperti televisi, iklan koran, spanduk, dll. Namun yang membedakan adalah Adwords memiliki jangkauan periklanan lebih luas dan dapat diarahkan secara spesifik. Lebih luas dalam artian iklan Adwords dapat masuk di halaman utama mesin pencari Google, produk produk Google seperti: Youtube, Gmail, dll, serta pihak ke tiga seperti publisher Google AdSense.

Proses Konversi dari AdWords

Proses Konversi dari AdWords

Sistem periklanan Adwords yang telah teruji dan didukung banyak aspek membuat proses konversi dan perhitungan akan keuntungan terlihat lebih dapat terprediksi. Ketika seorang pengusaha berbisnis tentunya tidak akan berburu dengan keberuntungan semata, butuh kepastian dan target untuk melangkah lebih ke depan. Beriklan di Google AdWords adalah solusi untuk berbisnis via online secara profesional, dan membayar periklanan Google AdWords untuk hasil yang pasti bukanlah sebuah kerugian.

Terimakasih telah menyimak ulasan yang saya tulis menurut sepengetahuan saya ini. Maaf jika ada salah kata. Salam Sukses untuk Anda semua!

 

Jika Perusahaan Anda menginginkan jasa periklanan Google AdWords untuk menunjang keberhasilan konversi dalam pemasaran online, silahkan kontak jasa periklanan Google AdWords silahkan kunjungi : www.websiteukm.com

 

*)Jika Anda menjadi Klien Google AdWords dari Agency AdWords Usaha Kelompok Maju (UKM) dengan penanganan oleh Team UKM. Ketika Kami memberi saran, masukan, dan syarat untuk website atau blog Anda, sebenarnya Kami sedang mengusahakan agar website atau blog yang Anda iklankan di Google AdWords dapat secara produktif menghasilkan keuntungan untuk Anda selaku klien Google AdWords Kami.


 

Leave a Reply

 
*

 
 
Skip to toolbar