RSS
 

Cara Mengingat

03 Feb

Berikut adalah cara cara mengingat yang terbaik :

1. Lakukan Tehnik Relaksasi secara Teratur

Ingatan

Ingatan

Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan ingatan anda mungkin dengan secara sadar berusaha mengendurkan ketegangan selurh otot tubuh sebelum mempelajari sesuatu yang baru, menurut para peneliti dan Fakultas Kedokteran Universitas Stanford. Relaksasi otot dapat mengurangi kecemasan yang sering dirasakan seseorang saat berusaha mencoba mempelajari hal baru. Sebuah kelompok yang terdiri dari 39 pria dan wanita berusia antara 62 dan 83 tahun., dengan suka rela berpartisipasi dalam program peningkatan ingatan yang dilakukan oleh peneliti. Partisipan di bagi dalam 2 kelompok. 1 kelompok di ajari cara-cara relaksasi otot utama tubuh, sementara kelompok lain hanya di beri penjelasan tentang bagaimana meningkatkan sikap terhadap proses penuaan sebelum menjalani pelatihan ingatan selama 3 jam. Hasil eksperimen menunjukan kelompok yang diajari tehnik relaksasi dapat mengingat lebih baik nama dan wajah hingga 25%.

2. Dengarkan Music Klasik

Peneliti dari kelompok Irvine Universitas California, Dr. Frances Rauscher dan Dr. Gordon Shaw, menunjukan dalam eksperimen pada awal 1990-an bahwa orang yang sering mendengarkan musik klasik_terutama Mozart_menglami peningkatan kemampuan penalaran spasial-temporal. Penemuan yang dinamai “Efek Mozart” ini menarik perhatian orang di seluruh dunia. Beberapa ilmuan termasuk Don Campbell, penulis buku The Mozart Effect, meyakini bahwa mendengarkan musik klasik akan membantu ingatan dan pembelajaran; namun pernyataan ini masih harus di buktikan secara empiris.

3. Manfaatkan Kekuatan Bercerita

Ingatan semantik kita berada dalam dunia kata-kata. Ingatan ini di aktifkan oleh asosiasi, kesamaan, atau pertentangan. Cerita memberikan skema atau naskah bagi kita untuk menandai atau menambatkan informasi dalam ingatan kita. Citra atau gambaran konteks dan petunjuk tentang informasi baru. Hal ini menjelaskan mengapa orang lebih mudah mengingat nama kenala baru lebih baik, apabila setelah beberapa menit bercakap-cakap di buat cerita atau asosiasi. Mendongeng telah lama menjadi tradisi budaya kuno untuk menyampaikan “ingatan” dari satu generasi ke generasi lain. Tradisi kaum Indiandi Amerika yang mengikat sebuahsimpul “tali ingatan’ untuk memperingati peristiwa tertentu memberikan pengingat konkret peristiwa-peristiwa penting. Kebudayaan lain mengoleksi benda kenangan (memento), menulis memoar, atau menciptakan album kenangan untuk membantu mereka mengingat.

4. Gunakan Strategi Mnemonik Setiap Hari

Biasakan mengunakan strategi mnemonik setiap hari. Mengodekan ingatan dengan cara sistematis sejak awal adalah cara terbaik yang menjamin Anda dapat mengingatnya. Penelitian menunjukan bahwa orang menggunakan strategi mnemonik mempunyai kemampuan mengingat 3 kali lipat dari pada mereka yang hanya mengandalkan kebiasan belajar biasa.

5. Tulislah Apa yang Anda Ingat secara Detail

Selama berabad-abad, catatan harian, buku harian kapal, jurnal, dan transkip diakui merupakan bantuan eksternal penting untuk menjamin keakuratan ingatan. Menulis sebuah peristiwa segera setelah peristiwa tersebut terjadi adalah cara terbaik untuk mengingat peristiwa tersebut secara mendetail. Teller di bankdilatih untuk segera menuliskan peristiwa perampokan yang terjadi_bahkan sebelum mereka membuat laporan untuk polisi. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya distorsi ingatan, misalnya karena cara polisi bertanya atau komentar-komentar yang di dengar. Kapten kapal dituntut oleh hukum maritim untuk menulis buku harian pelayaran perjalanan. Hakim, dokter dan ahli terapi juga secara hukum juga dituntut untuk merekam peristiwa yang terjadi. Selain menjamin akurasi dan mencegah kontaminasi, menulis juga mengingatkan ingatan. Oleh karena itulah menulis dan menulis ulang catatan pelajaran dan meringkas topik pelajaran dengan kata-kata sendiri membantu proses belajar Anda.

6. Tatalah Pikiran Anda

Membentuk urutan informasi atau memberikan kerangka logis akan membuat sesuatu lebih mudah diingat. Jika Anda menginga semua jenis mamalia yang terdapat di Amerika Selatan misalnya, kelompokkan mereka berdasarkan warna, habitat, ukuran, huruf awal atau urutan dalam rantai makanan. Dengan mengelompokkan informasi, otak lebih mudah mengingat dengan memberikan poin inferensi langsung untuk pengingatan kembali.

7. Gunakan Gerakan untuk Melibatkan Sistem Tubuh/Pikiran

Gerakan meningkatkan ingatan Anda dengan memberi stimulus eksternal untuk mengimbangi srimulus internal. Jika Anda ingin mengingat bahwa “hola” berarti halo dalam bahasa Spanyol, sentuh mulut Anda dengan ujung jari (seperti bahasa tubuh orang Italia untuk rasa enak) dan katakan “olala” Dengan demikian, dapat dikatakan, Anda baru saja mengasosiasikan bahasa tubuh yang Anda ketahui dengan kata baru. Jika mengulangi gerakan tersebut, Anda akan mengingat kata baru tersebut. Penelitian terbaru menyimpulkan bahwa 2 area otak yang sebelumnya diperkirakan hanya terkait dengan gerakan otot BASAL GANGLIA dan SEREBELUM ternyata juga penting dalam mengoordinasikan pikiran. Gerakan memicu ingatang seperti juga rasa, bau dan penglihatan.

8. Pertahankan Pola Kesehatan yang Bagus

Gangguan kesehatan, termasuk kondisi minor sekalipu, seperti flu atau hipertensi, dapat mengganggu ingatan Anda. Sebuah penelitian menemukan bahwa dalam periode 25 tahun, pria penderitan hipertensi kehilangan kemampuan kognitif hingga 2 kali lipat dibandingkan dengan pria bertekanan darah normal. Di sisi lain, peneliti di Universitas California Selatan menemukan bahwa pada usia 70-an tidak akan mudah mengalami penurunan kemampua kognitif jika mereka tetap aktif secara fisik. Tidur yang cukup, gizi yang cukup dan pengayaan mental berperan penting dalam kesehatan.

9. Jika Ingatan Meninggalkan Anda, Kejarlah!

Anda dapat mencari ingatan yang “hilang dengan melacak kembali tahapan kegiatan Anda, melihat deretanabjad untuk mengetahui apakah hurf tertentu dapat memicu ingatan, menangkap kembali suasna hati saat pertama kali Anda menanamkan ingatan tersebut, atau hanya dedngan memikirkan konteks informasi yang ingin Anda ingat.

10. Gunakan Strategi Menghubungkan

Untuk mengingat daftar, hubungkan dengan tindakan imajiner. Misalnya, visualisasikan benda-benda yang ada dalam daftar saling bertubrukan, menempel, atau cocok satu sama lain. Tempatkan item dlam daftar sebelah-menyebelah atau atas bawah. Bayangkan, mereka saling menari, berbicara, atau bermain bersama. Bahkan budaya kuno memahami pentingnya menghubungkan informasi dengan menggunakan susunan dan imajinasi jauh sebelum manusia modern menemukan bukti objektif bahwa otak kiri mengingat informasi dengan cara berurutan, sedangkan otak kanan mengingat warna, ritme, dimensi, dan abstraksi. Hubungan dibuat boleh yang lucu, tidak nyata, atau aneh; hubungan tersebut tidak harus realistis atau masuk akal. Namun, Anda akan lebih mudah mengingat asosiasi yang konkret dan nyata daripada asosiasi yang abstrak.

 

 
 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

 
*